STRUKTUR TATA SURYA

Planet
Pada awalnya, terdapat sembilan planet yang tergabung dalam sistem tata surya. Kesembilan planet tersebut adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, dan Pluto. Namun, berdasarkan keputusan Uni Astronomi Internasional, pada 25 Agustus 2006 planet Pluto dinyatakan bukan lagi sebagai anggota tata surya.
Ciri-ciri planet
a. Planet tidak mempunyai cahaya sendiri.
b. Planet tidak berkelap-kelip.
c. Dengan bantuan teropong, planet terlihat seperti cakram yang bersinar.
d. Lintasan planet berbentuk elips.
e. Orbit planet mengelilingi matahari dengan arah yang sama.
f. Kebanyakan planet mempunyai satelit.

Pengelompokan planet ada tiga macam

A. Bumi sebagai pembatas
1) Planet inferior adalah planet yang terletak di dalam orbit Bumi dan matahari, yaitu planet Merkurius dan Venus.
2) Planet superior adalah planet yang terletak di luar orbit Bumi dan matahari, yaitu planet Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, dan Pluto.

B. Asteroid sebagai pembatas
1) Planet dalam (inner planets) adalah planet yang orbitnya di sebelah dalam lintasan asteroid, yaitu planet Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars.
2) Planet luar (outner planets) adalah planet yang orbitnya di sebelah luar lintasan asteroid, yaitu Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, dan Pluto.

C. Ukuran dan komposisi bahan penyusunnya
1) Planet kebumian (terrestrial planets) adalah planet yang ukuran dan komposisi penyusunnya mirip dengan Bumi, yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, dan Pluto.
2) Planet jovian atau planet raksasa (mayor planets) adalah planet yang ukurannya besar dan komposisi penyusunnya mirip Jupiter berupa gas hidrogen dan sebagian besar es, yaitu Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Peredaran Planet
Dalam sistem tata surya planet-planet berputar mengelilingi matahari dengan peredaran yang teratur. Beberapa pandangan para ahli berkaitan tentang peredaran planet dinyatakan dengan teori HUKUM KEPLER.

Bulan


Asteroid
Komet
Meteor dan Meteorid

Comments

PopCasH

Popular posts from this blog

Piramida Penduduk

MATERI POKOK BAHASAN KELAS X

Objek Studi Geografi