Dampak Global Warming


  1. Mencairnya lapisan es di Kutub Utara dan Selatan. Peristiwa ini mengakibatkan naiknya permukaan air laut secara global, hal ini dapat mengakibatkan sejumlah pulau-pulau kecil tenggelam.  
  2. Meningkatnya intensitas fenomena cuaca yang ekstrim. Perubahan iklim menyebabkan musim sulit diprediksi. Petani tidak dapat memprediksi perkiraan musim tanam akibat musim yang tidak menentu. Akibat musim tanam yang sulit diprediksi menyebabkan berkurangnya penyediaan bahan pangan bagi penduduk.
  3. Mengakibatkan kekeringan yang luas di berbagai wilayah dalam 100 tahun ke depan. ini disebabkan karena banyaknya air yang menguap ke atmosfer.  
  4. Menurut IPCC (Intergovernmental Panel on Climate Change) suhu meningkat 0,15 - 0,30C. Jika peningkatan temperatur terus berlanjut, diperkirakan pada tahun 2040 lapisan es di kutub-kutub bumi akan habis meleleh, dan tahun 2050 akan terjadi kekurangan air tawar.
  5. Punahnya berbagai jenis Flora dan Fauna. ini di sebabkan Flora dan Fauna memiliki batas toleransi terhadap suhu, kelembaban, kadar air dan sumber makanan. 
  6. Suhu permukaan air laut meningkat menjadi lebih hangat, sehingga meningkatkan tekanan bagi ekosistem laut seperti batu karang yang menjadi putih. Pada proses ini karang-karang melepaskan ganggang yang memberikan warna dan makanan pada karang, sehingga karang menjadi putih dan mati.
  7. Penyebaran berbagai macam penyakit. Penyakit tropis seperti malaria dan demam dapat menyebar ke wilayah yang lebih luas.
  8. Kebakaran hutan besar-besaran, bukan hanya di Indonesia, sejumlah hutan di Amerika Serikat, Rusia, Australia, India juga mengalami kebakaran hebat. Kebakaran ini meurut para ilmuwan di karenakan peningkatan suhu panas yang tinggi menyebabkan hutan akan menjadi lebih kering dan mudah terbakar.

PopCasH

Popular posts from this blog

Piramida Penduduk

MATERI POKOK BAHASAN KELAS X

Objek Studi Geografi