Objek Studi Geografi

Objek merupakan sasaran yang akan di tuju atau di capai. Dalam belajar Geografi, Objek merupakan hal yang sangat penting karena merupakan tujuan dari belajar Geografi.

Studi Geografi memiliki dua Objek yaitu :
  1. Objek Material Geografi dan 
  2. Objek Formal Geografi.
Objek Material Geografi
Merupakan semua gejala atau fenomena alam yang terjadi di permukaan bumi. Fenomena alam ini dapat berupa bencana alam atau fenomena yang terjadi secara alami, contoh : Hujan, Banjir, Tsunami dan lain-lain. Objek material geografi diklasifikasikan menurut tempat terjadinya, yaitu :

a. Lapisan Kulit Bumi atau Lithosfer
Bumi yang kita tempati memiliki tiga lapisan utama yaitu : Barisfer (inti bumi), Astenosfer (lapisan pengantara/mantle bumi) dan Lapisan lithosfer (kulit bumi atau permukaan bumi). Di Lapisan permukaan bumi terdapat beberapa fenomena alam yang terjadi diantaranya adalah fenomena alam gempa bumi dan gunung meletus. Fenomena alam ini menjadi Objek studi geografi.


b. Lapisan Udara atau Astenosfer
Bumi memiliki selubung tipis yang memiliki ketinggian kurang lebih 1000 Km. Selubung tipis ini berupa udara atau di kenal dengan sebutan Atmosfer. Dengan adanya atmosfer bumi terlindung dari panasnya sinar matahari. Sinar matahari yang masuk ke dalam bumi, sebagian akan dipantulkan kembali keluar angkasa. Atmosfer memiliki 5 lapisan yaitu : Troposfer, Stratosfer, Mesosfer, Thermosfer dan Eksosfer. Fenomena alam yang terjadi di lapisan ini antara lain : Badai, Pelangi, Hallo, Fatamorgana dan lain-lain.


c. Lapisan Air atau Hidrosfer
Permukaan bumi kita kurang lebih 75% tertutupi oleh air, air ini menempati berbagai tempat baik di darat yang menempati sungai, danau, rawa dan air bawah tanah, berupa es yang terdapat di kutub utara maupun kutub selatan, sebagai gas yang menempati udara dan paling banyak di laut. Fenomena alam yang terjadi pada air dapat berupa Tsunami atau Banjir.


d. Lapisan Flora dan Fauna atau lapisan Biosfer
Flora dan Fauna juga merupakan Objek studi geografi, hal ini berkaitan dengan persebaran wilayah tempat tinggal seta jenis flora dan fauna. Kehidupan flora dan fauna beraneka ragam yang akan menjadikan karakteristik tertentu bagi kehidupan flora dan fauna tersebut.

e. Lapisan Manusia atau Antroposfer
Manusia adalah objek yang sangat penting karena kehidupan manusia dapat mempengaruhi alam. Kehidupan manusia lebih kompleks dan berevolusi sesuai dengan perkembangan zaman. Manusia di beri akal dan fikiran untuk mengelola bumi.

Objek Formal Geografi
Merupakan metode untuk mengkaji dan memberikan pemecahan masalah yang timbul dalam mempelajari ilmu geografi. Objek masalah-masalah yang timbul pada objek material geografi akan di teliti dan berusaha untuk mencari solusi atau pemecahan masalahnya.

Pemecahan masalah geografi dapat dilakukan melalui tiga pendekatan yaitu :

  1. Pendekatan Analisis keruangan
  2. Pendekatan Analisis Kelingkungan (Ekologi)
  3. Pendekatan Analisis Kompleks Wilayah

Comments

  1. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*EW*A*P*K / pin bb D87604A1
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  3. Bermanfaat sekali artikelnya thanks...
    Nice info yang menarik

    ReplyDelete

Post a Comment

PopCasH

Popular posts from this blog

Piramida Penduduk

MATERI POKOK BAHASAN KELAS X