Demografi


Demografi berasal dari bahasa Yunani yaitu "Demos" yang artinya rakyat atau penduduk dan "Grafein" yang artinya menulis. Jadi Demografi adalah tulisan atau karangan mengenai rakyat atau penduduk. Istilah Demografi diperkenalkan pertama kali oleh Achille Guillard dalam bukunya yang berjudul "Elements de Statistique Humaine on Demographic Compares " pada tahun 1885.

John Graunt (1620-1674), seorang warga negara Inggris, dikenal sebagai pelopor dalam bidang pencatatan statistik penduduk. Bukunya yang berjudul Natural and Political Observations Mentioned in a Following Index and Made Upon the Bills of Mortality (Graunt, 1662 dalam Iskandar, 1994) sebagian besar berisi analisis mortalitas dan selebihnya mengenai fertilitas, migrasi, perumahan, data keluarga, perbedaan antara kota dan negara, dan jumlah penduduk laki-laki yang berada pada kelompok umur militer. Data yang digunakan dalam analisis kematian dan kelahiran tersebut bersumber dari catatan kematian (The Bills of Mortality) yang diterbitkan secara berkala oleh petugas gereja setiap minggu. Dari hasil penelitiannya itu, Graunt mencetuskan "hukum-hukum" pertumbuhan penduduk.
Jhon Graunt dijuluki sebagai Bapak Demografi karena jasa-jasanya dalam melakukan penelitian dan pengumpulan data-data kependudukan.

Demografi menurut Multilingual Demographic Dictionary (IUSSP, 198) yaitu : Demografi mempelajari penduduk (suatu wilayah) terutama mengenai jumlah, struktur (komposisi penduduk) dan perkembangannya (perubahannya)

Philip M. Hauser dan Duddley Duncan (1959) yaitu : Demografi mempelajari jumlah, persebaran, teritorial dan komposisi penduduk serta perubahan-perubahannya dan sebab-sebab perubahan itu, yang biasanya timbul karena natalitas (fertilitas), mortalitas, gerak teritorial (migrasi) dan mobilitas sosial (perubahan status).

Donal J Bogue (Principles Of Demografi) 1976, yaitu : Demografi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari secara statistik dan matematik mengenai besar, komposisi dan distribusi penduduk dan perubahan-perubahan sepanjang masa melalui bekerjanya lima komponen demografi (fertilitas, mortalitas, nuptialitas, migrasi dan mobilitas sosial)

Kesimpulan :
Demografi mempelajari struktur dan proses penduduk di suatu wilayah. Struktur penduduk meliputi jumlah, persebaran dan komposisi penduduk. Struktur penduduk ini selalu berubah-ubah, dan perubahan tersebut disebabkan karena proses demografi, yaitu : kelahiran (fertilitas), kematian (mortalitas) dan migrasi penduduk (mobilitas).

PopCasH

Popular posts from this blog

Piramida Penduduk

MATERI POKOK BAHASAN KELAS X

Objek Studi Geografi