Geografi


  1. Secara harfiah geografi itu terdiri dari dua kata yaitu geo berarti bumi atau earth, dan graphien itu berarti pencitraan atau penulisan atau “describe”. Jadi geografi itu berarti ilmu yang mencitrakan atau menggambarkan keadaan bumi.
  2. Seorang ahli geografi Bintarto (1978) memberikan batasan geografi sebagai berikut : Geografi merupakan ilmu yang mencitrakan, menerangkan sifat-sifat bumi, menganalisa gejala-gejala alam dan penduduk serta mempelajari corak yang khas mengenai kehidupan dan berusaha mencari fungsi dari unsur-unsur bumi dalam ruang dan waktu. Dari batasan diatas dapat diambil kesimpulan empat hal yang penting didalam geografi yaitu: Pencitraan (description), Penjelasan (explanation), Penganalisaan (explanation), dan Penerapan (application), (Bintarto, 1978).
  3. Geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan gejala geografi dengan sudut pandang kelingkungan dan kewilayahan dalam konteks kerungan. (Semlok IGI di Semarang, 1988)
  4. Ilmu Bumi ialah ilmu yang mempelajari gejala-gejala dan sifat permukaan bumi, serta penduduknya disusun menurut letaknya dan terdapat berbarengan dan timbal balik dari penduduk dan sifat-sifat serta gejala-gejala tersebut. (Ferdinand Von Richthoven, 1833)
  5. Ilmu pengetahuan yang berusaha menemukan dan memahami persamaan-persamaan dan perbedaan yang ada di muka bumi. (Prof. Dr. I Made Sandy)
  6. Geografi menggambarkan latar belakang ilmiah, semacam panggung tempat berlangsungnya peristiwa-peristiwa sejarah sehingga memperoleh makna. (James & Martin Herodotus)
  7. Suatu studi tentang gejala–gejala dan sifat permukaan bumi serta penduduknya yang disusun berdasarkan letaknya dan mencoba serta penduduknya yang disusun berdasarkan letaknya dan mencoba menjelaskan hubungan timbal balik antara gejala dan sifat-sifat itu. (Ferdinand Von Richthoffen)
  8. Semua gejala dan bentuk-bentuka alam dengan umat manusia mengorganisasikannya dalam suatu kerangka dasar asosiasi geografi yang khas tentang tanah dan manusia pada permukaan bumi. (Carl Ritter)
  9. Suatu pengetahuan alam yang mempelajari bumi seluruhnya dari kulit bumi sampai intinya, tetap tanpa memperhatikan hubungan bumi secara khusus dengan manusia yang menghuninya. (Drs. N. Daljoeni)
  10. Suatu ilmu yang memperhatikan perkembangan rasional dari berbagai  sifat (beraneka musim) dipermukaan bumi. (M. Yeatess)
  11. Pendidikan Geogafi berkepentingan untuk memberikan deskripsi yang teliti, beraturan dan rasional tentang sifat variabel di permukaan bumi. (Hagget, R. Hartshorne)

PopCasH

Popular posts from this blog

Piramida Penduduk

MATERI POKOK BAHASAN KELAS X

Objek Studi Geografi