Letak Astronomis Indonesia

Letak Astronomis adalah letak suatu wilayah dilihat berdasarkan garis lintang dan garis bujur yang membentuk sebuah titik koordinat.

Garis Lintang adalah garis khayal paralel yang sejajar dengan garis Khatulistiwa atau garis Equator. Karena sejajar dengan garis khatulistiwa maka garis lintang memiliki dua bagian yaitu bila terletak diatas garis khatulistiwa dinamakan garis Lintang Utara (LU) dan bila terletak di bagian bawah garis khatulistiwa maka dinamakan garis Lintang Selatan (LS). Jarak antara garis lintang diukur dengan satuan derajat, dengan lintang terendah adalah 00 (garis Equator atau garis Khatulistiwa) dan lintang tertinggi adalah 900 (terdapat di Kutub Utara Maupun Kutub Selatan).

Garis Lintang selain dapat digunakan untuk menentukan titik koordinat dapat juga digunakan untuk menentukan Iklim di muka bumi.

Berdasarkan garis Lintang, Indonesia terletak diantara 60 LU – 110LS dengan batas-batas wilayah sebagai berikut :
60LU yaitu Batas wilayah Indonesia dibagian atas garis khatulistiwa yang terdapat di Pulau We,
110LS yaitu Batas wilayah Indonesia dibagian bawah garis khatulistiwa yang terdapat di Pulau Rote.

Garis Bujur adalah garis khayal dimuka bumi yang menghubungkan antara kutub utara dengan kutub selatan dan tegak lurus terhadap garis lintang. Jarak antar garis bujur adalah 150 atau bila disamakan dengan ukuran adalah 111 km di muka bumi.

Berdasarkan kesepakatan bersama oleh bangsa-bangsa pada kongres Meredian International di Washington tahun 1884 bahwa garis Bujur 00 ditetapkan di Greenwich, Inggris. Karena pada waktu tersebut Negara Inggris merupakan Negara paling berkuasa di lautan.

Berdasarkan garis Bujur Indonesia terletak diantara 950BT – 1410BT dengan batas-batas wilayah sebagai berikut :
950BT yaitu Batas wilayah Indonesia yang terdapat di Pulau We,
1410BT yaitu Batas wilayah Indonesia yang terdapat di Merauke.

Garis Bujur selain digunakan untuk menentukan titik koordinat dapat digunakan juga sebagai penentu waktu.

Comments

PopCasH

Popular posts from this blog

Piramida Penduduk

MATERI POKOK BAHASAN KELAS X

Objek Studi Geografi