Planet

Jagat raya terdiri dari ribuan Galaksi, Kabut gas (Nebula), Bintang, Planet, Satelit, Komet, dan Meteorid.
Planet merupakan benda langit yang tidak memancarkan cahaya. Berputar mengelilingi sebuah bintang. Lintasan sebuah planet berbentuk elips dan dinamakan Orbit.
Dalam Tata Surya, kita memiliki sembilan (9) Planet, namun yang masih diakui sebagai planet hanya delapan (8) yaitu Mercurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Sedangkan Pluto sudah tidak diakui lagi sebagai sebuah planet. Menurut sumber Antariksa Planet Pluto sekarang bentuknya mengkerut karena jaraknya sangat jauh dari Matahari dan lintasan Planet Pluto sudah tidak stabil lagi.

Karena penyusun Planet berbeda beda maka Planet dalam tata surya Matahari di bedakan menjadi Planet Inner dan Planet Outner. Planet Inner merupakan kumpulan Planet yang berada dekat dengan Matahari dan berbatasan dengan sabuk Asteroid. Planet Planet tersebut adalah Mercurius, Venus, Bumi dan Mars. Planet ini juga bisa disebut dengan planet Terestrial karena bahan penyusun Planet berupa batu. Selanjutnya adalah Planet Outner yaitu Planet luar setelah sabuk Asteroid. Dikenal juga dengan sebutan Planet Jovian yang berarti Planet Besar. Planet ini bahan penyusunnya berupa gas, Planet tersebut adalah Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus.

Planet Inner

Mercurius
Planet yang Paling dekat dengan Matahari, memiliki jarak 58 Juta Km, tidak memiliki satelit, memiliki atmosfer yang sangat tipis sehingga suhu pada saat malam hari mencapai – 1700 C dan pada siang hari mencapai 4300 C. Mercurius memiliki waktu Revolusi 88 hari dan waktu Rotasi 59 hari.

Planet Merkurius


Venus
Planet yang kedua setelah Mercurius. Tidak memiliki satelit. Venus memiliki jarak 108 Juta Km dari Matahari serta Planet yang memiliki jarak terdekat dengan Bumi yaitu 42 Juta Km. Planet ini memiliki awan yang tebal, yang dapat memantulkan cahaya matahari sehingga bila dilihat dari bumi planet ini tampak cemerlang pada saat pagi dan sore, kita menyebutnya dengan Bintang Senja dan Bintang Fajar. Pada umumnya Planet akan berotasi berlawanan dengan arah jarum jam, uniknya Planet ini adalah satu-satunya Planet yang berotasi (berputar) searah dengan jarum jam sehingga di planet ini Matahari akan terbit dari sebelah barat dan terbenam di sebelah timur. Suhu dipermukaan Planet Venus selalu panas baik siang maupun malam yaitu antara 4500 C s/d 4800 C dan memiliki waktu Revolusi selama 225 hari serta waktu Rotasi selama 243 hari.

Planet Venus


Bumi
Planet yang memiliki kehidupan, tempat tinggal mahkluk hidup, merupakan planet yang memiliki air yang mengalir. Memiliki jarak dengan Matahari 149.600 Juta Km. Memiliki sebuah satelit yang disebut dengan Luna. Waktu berevolusi selama 365 hari dan waktu Rotasi selama 24 Jam. Suhu dipermukaan anatara – 900 C s/d 500 C.

Planet Bumi


Mars
Sering disebut juga dengan nama Planet Merah. Warna merah berasal dari debu yang berterbangan karena tanah di Planet ini mengandung karat besi. Mars memiliki jarak dengan Matahari 228 Juta Km. Waktu Revolusi 687 hari dan waktu Rotasi 24,6 Jam. Suhu di permukaan Mars – 1200 C s/d -1300 C. Planet ini memiliki dua buah satelit yaitu Phoebos dan Demos.

Planet Mars

Comments

PopCasH

Popular posts from this blog

Piramida Penduduk

MATERI POKOK BAHASAN KELAS X

Objek Studi Geografi