DINAMIKA PERUBAHAN LITHOSFER

Bumi mempunyai struktur lapisan mirip telur. Cangkang atau kulit telur mewakili lapisan kulit atau Kerak Bumi (Crust), putih telur mewakili lapisan Selubung Bumi (Mantle) atau disebut sebagai Astenosfer, paling dalam yaitu kuning telur mewakili Inti Bumi (Core) atau disebut juga dengan Barisfer.

Lithosfer adalah lapisan kulit bumi yang paling atas (permukaan), berada diatas lapisan mantle/selubung yang bersifat embek, bersuhu > 2.000 C, dan dapat mengalir, lapisan bagian bawah bersifat padat dan tegar akibat tekanan yang besar dari dalam bumi. Batas antara lapisan Kerak Bumi dengan Mantle Bumi ditemukan oleh ilmuan Kroasia, Andrija Mohorovicic pada tahun 1909. Lapisan Lithosfer pada umumnya terdiri dari senyawa kimia yang kaya akan SiO2. Itulah sebabnya lapisan Lithosfer seringkali dinamakan Lapisan Silikat. Lapisan ini memiliki ketebalan samapi 70 Km. Menurut Klarke dan Washington, batuan dipermukaan bumi hampir 75% terdiri atas Silikon Oksida dan Aluminium Oksida. Dengan demikian Lapisan Lithosfer dinamakan juga Lapisan Batuan.

Batuan merupakan bahan utama pembentuk kulit bumi. Secara umum pengertian batuan adalah campuran dari satu atau lebih mineral yang berbeda, tidak memiliki komposisi kimia yang tetap. Induk dari segala batuan adalah magma. Magma adalah material cair pijar yang bersuhu tinggi dan mengandung berbagai unsur mineral dan gas. Kulit Bumi atau Lithosfer tersusun oleh sekitar 90 jenis unsur kimia yang satu dengan lainnya membentuk persenyawaan yang disebut Mineral.

Di dalam Lithosfer terdapat lebih dari 3000 mineral dan hanya 20 mineral yang terdapat dalam batuan. Mineral pembentuk batuan yang penting yaitu : Kuarsa (SiO2), Feldspar, Piroksen, Mika Putih, Biotit atau Mika Cokelat, Amphibol, Khlorit, Kalsit, Dolomit, Olivin, Biji Besi Hematit, Magnetik dan Limonit.

Materi Selanjutnya :

Klasifikasi Batuan
A. Batuan Beku
B. Batuan Sedimen
C. Batuan Metamorf

Comments

PopCasH

Popular posts from this blog

Piramida Penduduk

MATERI POKOK BAHASAN KELAS X

Objek Studi Geografi