LANGKAH-LANGKAH PENELITIAN GEOGRAFI

Penelitian Geografi pada hakekatnya merupakan suatu penerapan dari metode ilmiah. Dalam kaitan ini, pemecahan suatu masalah didasarkan atas kegiatan berfikir rasional  dan empiris, serta teori yang didukung oleh fakta.

5 tahap dalam penelitian ilmiah geografi
1.      Merumuskan masalah; dengan mengajukan pertanyaan yang bersumber dari teori atau fakta di lapangan.
2.      Mengkaji teori atau berfikir rasional untuk menentukan jawaban sementara ( hipotesis)
3.      Mencari data di lapangan untuk membuktikan kebenaran hipotesis
4.      Mengolah data dan menguji kebenaran jawaban sementara
5.      Menarik kesimpulan, yaitu menetapkan apakah jawaban sementara pada langkah kedua diterima atau tidak

A. Sifat studi Geografi

1.  Studi kependudukan:
berkaitan dengan segala aspek yang berhubungan dengan tingkat kemakmuran penduduk,baik pada suatu wilayah tertentu maupun pada lingkup yang lebih luas.
Masalah atau aspek yang termasuk didalamnya : laju pertumbuhan penduduk,  tingkat kelahiran,kematian,...

2. Studi lingkungan:
Menyangkut gejala dan masalah kehidupan manusia dalam kaitannya dengan lingkungan tempat kehidupan tersebut berlangsung.
Masalah atau aspek yang termasuk didalamnya: erosi, pencemaran, kekeringan,dan banjir

3. Studi Sosial ;
Menelaah gejala dan masalah sosial yang terjadi di masyarakat yang di timbulkan oleh kondisi, peristiwa, tingkah laku, dan sikap manusia sebagai mahluk sosial .
Masalah atau aspek yang termasuk didalamnya :  penggangguran, sampah, kenakalan remaja, dan kemacetan lalu lintas.

4. Studi geografi dalam Bidang Pertanian :
Pertanian sebagai suatu sistem keruangan merupakan perpaduan antara sub sistem fisis dengan subsistem manusia. Komponen sub sistem fisis mencakup,  antara lain : iklim, hidrologi, tanah dan topografi dengan segala proses alamiahnya. Komponen sub sistem manusia mencakup ,antara lain : tenaga kerja, tehnologi,tradisi masyarakat, kemampuan ekonomi dan kondisi politik setempat. Masalah atau aspek yang termasuk didalamnya: kondisi perairan,jenis tanah,kemampuan tehnologi yang dimiliki petani, jenis tanaman yang dikembangkan.

5. Studi Geografi dalam bidang Industri.
Industri sebagai suatu sistem merupakan perpaduan subsistem fisis dengan subsistem manusia. Subsistem fisik mencakup , antara lain :lahan, bahan baku, sumber energi, dan iklim. Subsistem manusia mencakup , antara lain : tenaga kerja, kemampuan tehnologi, tradisi, situasi politik, keadaan pemerintahan, transportasi, komunikasi, konsumen dan pasar. Masalah atau aspek yang termasuk di dalamnya: kondisi bahan baku,lahan,kualitas tenaga kerja.

6Studi Geografi dalam bidang transportasi dan komunikasi.
Merupakan studi tentang gejala dan masalah geografi yang lebih dinamis dibandingkan mengkaji gejala pada lokasi tertentu. Masalah atau aspek yang termasuk di dalamnya: pengembangan transportasi dan komunikasi di wilayah trpencil,

7. Studi geografi dalam Bidang Sumber Daya.
Daya dukung Sumber daya dipengaruhi oleh pertumbuhan penduduk (konsumen) dan Kemajuan ilmu dan tehnologi. Masalah atau aspek yang termasuk di dalamnya : eksploitasi barang tambang serta pengelolaan sumber daya di bidang pertanian, kehutanan, peternakan , dll

8. Studi Geografi dalam bidang permukiman.
Permukiman merupakan bagian dari muka bumi yang dihuni oleh manusia.hal ini meliputi segala prasarana dan sarana penunjang kehidupan penduduk yang menjadi satu kesatuan dengan tempat tinggalnya. Masalah atau aspek yang termasuk di dalamnya:akibat pertumbuhan penduduk yang terus meningkat ,daerah-daerah yang kurang layak dijadikan tempat tinggal misalnya lahan yang tidak stabil, terlalu miring,daerah yang tidak sehat atau daerah yang kotor

Comments

PopCasH

Popular posts from this blog

Piramida Penduduk

MATERI POKOK BAHASAN KELAS X

Objek Studi Geografi