Persebaran Flora di Dunia




Gambar: Skema sederhana lingkaran hidup vegetasi yang utama, tersebar sepanjang adanya perubahan letak lintang dan perubahan tingkat kekeringan. Persebaran tumbuhan di muka bumi didasarkan atas letak geografis dan fisiologis atau dikenal dengan sebutan pendekatan ekologi. Pada tahun 1889 C. Hart Meeriem, seorang peneliti biologi alam berpendapat bahwa tipe tumbuhan pada suatu daerah di pengaruhi oleh temperature. Kemudian dapat di buktikan adanya factor kelembaban ternyata lebih berperan daripada factor temperature. Curah hujan yang tinggi dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan tanaman besar. Sebaliknya, semakin kita bergerak ke daerah dengan curah hujan rendah tumbuhan akan didominasi oleh tumbuhan kecil, padang rumput dan akhirnya kaktus atau tanaman padang pasir. 

Komunitas Flora secara umum di dunia dapat di bagi menjadi tiga macam yaitu :
a. Hutan, tumbuhan utama berupa pohon-pohon besar
b. Padang rumput, tumbuhan utama adalah rumput
c. Gurun, tumbuhan utama dan kondisi iklimnya.



Setiap jenis komunitas tumbuhan tersebut, dibagi lagi menjadi beberapa jenis komunitas. Berikut macam komunitas organism tumbuhan berdasarkan perubahan naik garis lintang (yang berarti pula penurunan temperaturnya) dalam pembagian mintakat (zona) temperature.

1.  Hutan

Hutan adalah sebuah kawasan yang ditumbuhi dengan lebat oleh pepohonan dan tumbuhan lainnya. Hutan menurut Undang-Undang Nomor 41 tahun 1999 tentang kehutanan, hutan adalah suatu kesatuan ekosistem berupa hamparan lahan berisi sumber daya alam hayati yang didominasi pepohonan dalam persekutuan alam lingkungannya, yang satu dengan lainnya tidak dapat dipisahkan. Kawasan-kawasan semacam ini terdapat di wilayah-wilayah yang luas di dunia dan berfungsi sebagai penampung karbon dioksida (carbon dioxide sink), habitat hewan, modulator arus hidrologika, serta pelestari tanah, dan merupakan salah satu aspek biosfer Bumi yang paling penting.

A. Hutan Hujan Tropis


Ciri-Ciri Hutan Hujan Tropis

a. terdapat di daerah khatulistiwa yaitu antara lintang 0°–10° ke utara dan ke selatan.
b. memiliki lebih dari 3000 species flora
c. rata-rata suhu terdingin diatas 180 C dan memiliki curah hujan yang tinggi sepanjang tahun berkisar antara 1,750 millimetres (69 in) dan 2,000 millimetres (79 in)
d. hutan belantara dengan jenis tumbuhan yang sangat bervariasi (hutan heterogen)
e. Berdaun Kanopi ( daun yang rapat atau lebar)
f. sinar matahari tidak dapat menembus ke permukaan tanah
g. flora epifit ( menempel pada tumbuhan lain ), seperti anggrek, jamur (cendawan), dan lumut
h. flora liana (tumbuhan merambat), seperti rotan
i.  pohon-pohon yang tinggi dan rapat

Materi Selanjutnya :



Comments

  1. Ini pembagiannya vegetasinya dibahas terpisah ya? Untuk lebih lengkap dan pembanding silahkan simak persebaran flora di dunia ini. Terima kasih :) .

    ReplyDelete

Post a Comment

PopCasH

Popular posts from this blog

Piramida Penduduk

MATERI POKOK BAHASAN KELAS X

Objek Studi Geografi