SEJARAH KEHIDUPAN DI MUKA BUMI

Beberapa teori yang mendukung sejarah terjadinya bumi dan peristiwa-peristiwa yang pernah terjadi antara lain :

1. Teori Malapetaka
Teori ini dikemukakan oleh Baron Geoges Cuvier. Ia berpendapat bahwa flora dan fauna dari tiap zaman itu berjalan tidak berubah, dan sewaktu terjadinya revolusi maka hewan-hewan ini musnah. Sesudah malapetaka tadi muncul hewan dan tumbuhan baru sehingga teori ini lebih umum disebut Teori Malapetaka.

2. Teori Uniformtarisma
Teori ini dicetuskan oleh James Hutton, teori ini berbunyi "The Present is The Key to The Past", yang berarti kejadian sekarang adalah cerminan atau hasil dari kejadian pada zaman dahulu, sehingga segala kejadian alam yang sekarang terjadi dengan mekanisme yang lambat dan proses yang berkesinambungan seragam dengan proses-proses yang kini sedang berlangsung. Hal ini menjelaskan bahwa rangkaian pegunungan-pegunungan besar, lembah serta tebing curam tidak terjadi oleh suatu malapetaka yang tiba-tiba, akan tetapi oleh proses alam yang berjalan dengan sangat lambat.
Yang dapat disimpulkan dari teori ini adalah :

  • Proses-proses yang terjadi di alam berlangsung secara berkesinambungan.
  • Proses-proses alam yang terjadi sekarang merefleksikan proses yang terjadi pada masa lampau dengan intensitas yang berbeda.
3. Hukum Pengendapan (STENO)
Berdasarkan pengamatan Nicolaus Steno, ia mengemukakan tiga prinsip dasar pengendapan yang lebih dikenal sebagai Hukum Steno :

a. Hukum Superposisi
yang menyatakan bahwa secara normalnya, batuan yang berada pada lapisan bawah adalah batuan yang lebih tua dibandingkan lapisan atasnya. Terkecuali jika terjadi beberapa hal seperti intrusi batuan beku.

b. Hukum Horizontalitas
Pada awalnya, sedimen terendapkan secara mendatar. Jika perlapisan batuan tersebut miring, patah, terlipat berarti batuan tersebut telah mengalami deformasi (pergerakan)

c. Hukum Kemenerusan Lateral (Lateral Continuity)
Yang menyatakan bahwa pengendapan batuan sedimen menyebar secara mendatar, sampai menipis atau menghilang pada batas dimana ia diendapkan. selain itu juga, kita dapat mengidentifikasikan apakah lapisan batuan tersebut terbentuk pada masa yang sama. Yaitu dengan cara korelasi fosil yang ditemukan pada batuan tersebut.

Materi Selanjutnya :

Skala waktu Geologi

Comments

PopCasH

Popular posts from this blog

Piramida Penduduk

MATERI POKOK BAHASAN KELAS X

Objek Studi Geografi