POTENSI GEOGRAFIS INDONESIA UNTUK KETAHANAN ENERGI


Seiring dengan pertumbuhan penduduk dan kemajuan teknologi yang digunakan dalam berbagai bidang pembangunan, maka kebutuhan energi akan semakin meningkat. Di Indonesia pemakai energi yang paling besar yaitu sektor transportasi, industri dan rumah tangga.
Energi di bagi menjadi dua, yaitu

1.      Energi Konvensional
Merupakan energi yang tidak dapat di perbaharui di karenakan dalam proses pembentukan bahan energi membutuhkan waktu yang sangat lama. Sumber energi ini berasal dari fosil atau sisa sisa endapan tumbuhan, contohnya Minyak bumi, Gas dan Batu-bara.

2.      Energi Alternatif
Merupakan Energi yang dapat di manfaatkan sebagai pengganti sumber energi konvensional. Energi yang dihasilkan bisa berasal dari alam yang tidak akan habis dalam penggunaanya yaitu energi matahari, energi air, energi angin, energi panas bumi, energi gelombang air laut dan energi biomassa.

Dengan adanya potensi  energi alternatif, diharapkan kebutuhan energi di Indonesia dapat terpenuhi dan dapat di manfaatkan secara efisien. Berikut ini merupakan energi alternatif yang di olah dan di manfaatkan di Indonesia

A.    Energi Matahari
Energi Matahari merupakan energi utama yang diterima oleh bumi, enegi ini dikenal juga dengan sebutan energi Tenaga Surya. Dalam penggunaannya energi ini di manfaatkan sebagai pembangkit tenaga listrik yang di kenal dengan PLTS.



B.     Energi Air
Air merupakan sumber kehidupan bagi semua makhluk hidup di muka bumi. Air juga memiliki potensi energi. Di Indonesia energi air di manfaatkan melalui sungai-sungai yang mengalir. Air sungai yang mengalir digunakan untuk memutar turbin yang dapat menghasilkan tenaga listrik.



C.    Energi Angin
Angin merupakan pergerakan massa udara dari daerah yang memiliki tekanan tinggi ke daerah yang bertekanan udara rendah. Angin dapat dimanfaatkan untuk menggerakkan turbin untuk listrik atau memompa air untuk kebutuhan pertanian dan peternakan.



D.    Energi Panas Bumi
Panas Bumi dalam UU No. 27 Tahun 2003 adalah sumber energi panas yang terkandung di dalam air panas, uap air, dan batuan bersama mineral ikutan dan gas lainnya yang secara genetik semuanya tidak dapat dipisahkan dalam suatu sistem panas bumi dan untuk pemanfaatanya diperlukan proses penambangan.
Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi energi panas bumi terbesar di dunia. Terdapat 252 titik lokasi panas bumi yang tersebar mengikuti jalur pegunungan api dari mulai Pulau Sumatera, Jawa, Nusa Tenggara, Maluku dan Sulawesi.
Energi Panas Bumi menggunakan sistem Hydrothermal yang berkaitan erat dengan vulkanisme, yaitu terletak pada zona pertumbukan antarlempeng aktif sehingga terdapat aliran panas yang tinggi. Energi Panas Bumi di manfaatkan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP)



E.     Energi Gelombang Air laut
Gelombang air laut dapat dimanfaatkan sebagai energi pembangkit tenaga listrik yang dikenal dengan Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang Laut (PLTGL). Di Indonesia penggunaan tenaga ini masih dalam percobaan yang dilakukan di sungai Bengawan Solo dan telah menghasilkan 400 watt tenaga listrik.



F.     Energi Biomassa
Biomassa adalah sebuah istilah yang digunakan untuk sumber daya hewan dan tumbuhan beserta limbah yang dihasilkan yang kemudian di endapkan sehingga dapat memiliki potensi energi. Contoh : tanaman, rumput, kotoran dan lain-lain.


Pemanfaatan biomassa menjadi energi alternatif dapat dibedakan menjadi beberapa kategori sebagai berikut.

a.       Biodiesel
Energi biomassa cair yang bahan bakunya berasal dari kelapa sawit, buah jarak dan kedelai

b.      Bioetanol
Energi biomassa cair yang bahan bakunya berasal dari ubi kayu, jagung, sorghum

c.       Biogas
Energi biomassa gas yang bahan bakunya berasal dari berbagai limbah dn sampaah organik yang di fermentasikan dan menghasilkan gas metana, termasuk subsiteng kotoran manusia dapat juga dimanfaatkan untuk menghasilkan energi Biogas.

d.      Biobriket
Energi biomassa yang bahan bakunya berasal dari sekam, arang sekam, serbuk kayu, serbuk gergaji yang diolah dalam bentuk padat atau dikenal dengan istilah briket.

Comments

PopCasH

Popular posts from this blog

Piramida Penduduk

MATERI POKOK BAHASAN KELAS X

Objek Studi Geografi