El Nino dan La Nina


El Nino berasal dari bahasa Spanyol yang artinya bayi laki-laki. Di Indonesia El Nino dapat menyebabkan kemarau panjang, kekeringan luar biasa dan kebakaran hutan, sedangkan di Amerika El Nino dapat menyebabkan banjir. El Nino datang setiap dua tahun sampai tujuh tahun sekali. Dalam dunia Meteorologi El Nino adalah menghangatnya suhu muka laut di atas rata-rata di daerah Pasifik Timur dan Pasifik tengah. Peningkatan suhu ini terjadi di pantai barat Peru - Ekuador (Amerika Selatan).


Indonesia memiliki dua musim :

  1. Musim Kemarau (April s/d September), ini disebabkan, di Australia memiliki tekanan udara tinggi dan di Asia bertekanan rendah sehingga angin bertiup dari Australia menuju ke Asia. Angin ini bersifat kering karena berasal dari gurun pasir di Australia sehingga di Indonesia terjadi musim kemarau. Puncak musim kemarau terjadi pada bulan Juli s/d Agustus, ini bertepatan dengan musim dingin di Australia.
  2. Musim Hujan ( Oktober s/d Maret), ini disebabkan, di Australia memiliki tekanan udara rendah dan di Asia memiliki tekanan udara tinggi sehingga angin bertiup dari Asia menuju Australia. Angin ini banyak mengandung uap air karena melewati samudra pasifik dan laut Cina sehingga di Indonesia mengalami musim Hujan. Puncak musim hujan pada bulan Desember s/d Februari, ini bertepatan dengan periode musim dari Asia (musim dingin).

Panjang atau lamanya musim dan jumlah curah hujan dalam satu musim tidak selalu sama. hal ini disebabkan karena musim di Indonesia tidak hanya terbentuk oleh angin muson, namun mendapat pengaruh dari fenomena El Nino dan La Nina. Sehingga pada saat peristiwa El Nino berlangsung maka akan berdampak di Indonesia yang menyebabkan musim kemarau bertambah panjang.


La Nina berasal dari bahasa Spanyol yang artinya bayi perempuan. Di Indonesia La Nina dapat menyebabkan penambahan intensitas curah hujan sehingga dapat menyebabkan banjir. La Nina adalah mendinginnya suhu permukaan air laut di bawah rata-rata di daerah Pasifik Timur dan Pasifik Tengah sekitar daerah khatulistiwa. Ketika suhu di atas permukaan air laut di daerah Pasifik sudah mulai mendingin maka di mulailah peristiwa La Nina.


Comments

PopCasH

Popular posts from this blog

Piramida Penduduk

MATERI POKOK BAHASAN KELAS X

Objek Studi Geografi