Geografi Klasik

Geografi Klasik
Geografi sudah dikenal sejak zaman Yunani Kuno atau dikenal juga dengan nama Geografi Klasik. Pengetahuan tentang bumi pada masa tersebut masih dipengaruhi oleh Mitologi (mitos). Seiring berjalannya waktu pengaruh mitologi mulai berkurang dan mulai berkembang ilmu alam sejak abad ke-6 SM. Dengan berkembangnya ilmu alam pengetahuan tentang bumi dilakukan dengan logika.

Pada awalnya ruang di muka bumi banyak dikemukakan oleh para pelancong, mereka menguraikan pengalaman ketika menemukan daerah yang berbeda dengan tempat asal mereka.

Tokoh yang termasuk dalam kategori Geografi Klasik

1. Anaximandros (550 SM)
Kebangsaan Yunani dan membuat peta bumi mirip sebuah jamur, karena ia beranggapan bahwa bumi berbentuk silinder. Bagian bumi yang dihuni manusia adalah sebuah pulau berbentuk bulat yang muncul dari laut.

2. Thales (640 - 548 SM)
Menganggap bahwa bumi ini berbentuk keping silinder yang terapung diatas air dengan separuh bola hampa diatasnya

3. Parminedes
Tokoh geografi klasik yang menyatakan pendapatnya bahwa bumi berbentuk bulat

4. Heraclides (320 SM)
Tokoh geografi klasik yang berpendapat bahwa bumi berputar pada sumbunya dari barat ke timur.

5. Herodotus (485 - 425 SM)
Seorang ahli filsafat dan sejarah Yunani. Ia mengemukakan bahwa hubungan perkembangan masyarakat dengan faktor-faktor geografi di wilayahnya sangat erat.
Herodotus juga membuat peta dunia dan membagi dunia menjadi tiga bagian, yaitu : Eropa, Asia dan Libya (Afrika).
Menganggap bentuk bumi adalah bulatan yang tersusun oleh dua lapisan, yaitu : lapisan pertama terdiri dari zat padat dengan air dan lapisan ke dua yang mengelilingi lapisan air adalah uap karena pengaruh panas matahari.

6. Erastothenes (276 - 194 SM)
Geografi Klasik
Merupakan tokoh geografi klasik sebagai peletak dasar pengetahuan tentang Bumi, dalam bukunya yang berjudul GEOGRAFIKA. Didalam bukunya pada jilid pertama diuraikan tentang perubahan-perubahan antara daratan dan lautan serta arus laut. Pada Jilid ke dua diuraikan tentang benda-benda langit, dan pada jilid ke tiga diuraikan tentang daerah dan penduduknya. Erastothenes dikenal juga sebagai Bapak Geografi karena jasa-jasanya.
Jasa Erastothenes antara lain :
  1. menentukan ukuran besar bumi
  2. peletak dasar Geodesi
  3. membuat katalogus bintang
  4. sebuah kalender dengan tahun kabisat
  5. cara menemukan bilangan prima
  6. Sistem koordinat geografi, dll
7. Claudius Ptolomeus
Merupakan orang pertama yang memperkenalkan penggolongan iklim. Tokoh Geografi Klasik ini membagi permukaan bumi menjadi 24 zona iklim berdasarkan lamanya hari yang terpanjang yang dialami, dari khatulistiwa sampai kutub. Pada tahun 150 M menyusun peta Dunia yang menggambarkan Benua Asia, Afrika dan Eropa.

(dari berbagai sumber)

PopCasH

Popular posts from this blog

Piramida Penduduk

MATERI POKOK BAHASAN KELAS X

Objek Studi Geografi