BENTUK KERJASAMA NEGARA BERKEMBANG DENGAN INDONESIA


5. Bentuk Kerja Sama India dengan Indonesia

Sejak kemerdekaan RI hubungan dengan India terjalin baik di bidang politik dan ekonomi. Sebagai negara yang sama mengalami penderitaan di bawah cengkraman kolonial asing, presiden pertama RI dan perdana menteri pertama India bersama tokoh negara lain menyelenggarakan Konferensi Asia-Afrika di Bandung pada tahun 1955. Inti hasil keputusan konferensi tersebut, antara lain seluruh negara di Asia dan Afrika, baik yang sudah merdeka maupun yang belum, bekerja sama menentang dan melenyapkan imperialisme dan kolonialisme. Kerja sama bilateral di bidang ekonomi perdagangan kedua negara ini saling memenuhi kebutuhan, seperti:

1.   Indonesia mengekspor karet, kopi, rempah-rempah, kayu lapis, pupuk dan lainnya ke India dan sebaliknya;
2.   India mengekspor induk sapi dan kambing perah, goni, serta kendaraan bermotor (seperti bis merk Tata dan vespa merek Bajaj) ke Indonesia.

6. Bentuk Kerja Sama Brasil dengan Indonesia

Republik Indonesia dan Brasil mempunyai hubungan diplomatik dengan menempatkan duta besarnya masing-masing di ibu kota negara. Dalam bidang ekonomi, kedua negara tidak menjalin hubungan ekspor-impor hasil pertanian karena keduanya sama-sama penghasil tanaman tropis. Namun, dalam pemasaran kopi, teh, karet alam, dan lain-lain bekerja sama membentuk harga agar tidak dipermainkan oleh negara-negara konsumen. Malaysia dan Indonesia dikenal sebagai negara penghasil dan pengekspor karet alam terbesar yang asal mula bibitnya dari Brasil. Sementara di Brasil sendiri karet belum banyak diperkebunkan untuk tujuan ekonomi. Di sana kebanyakan karet tumbuh liar di hutan belantara tropis (Selvas) di bagian hulu DAS Amazon. Indonesia sendiri mengimpor bahan dasar (bijih besi) untuk PT Krakatau Steel di Cilegon (Banten) dari Brasil. Ekspor Indonesia ke Brasil adalah pakaian jadi dan minyak bumi.

7. Bentuk Kerja Sama Nigeria dengan Indonesia

Kerja sama di bidang diplomatik, yaitu dengan menempatkan duta besar di masing-masing negara. Di forum internasional Indonesia dan Republik Nigeria bersama-sama sebagai anggoa OPEC. Kerja sama ekonomi Indonesia dengan negara ini, yaitu dalam rangka memperluas pemasaran barang-barang produksi Indonesia.  

Comments

PopCasH

Popular posts from this blog

Piramida Penduduk

MATERI POKOK BAHASAN KELAS X

Objek Studi Geografi