Kelayakan Bumi Sebagai Tempat Tinggal


Ada banyak fakta/fenomena yang menjadikan bumi layak sebagai tempat tinggal makhluk hidup. Fakta/Fenomena tersebut antara lain sebagai berikut.
  1. Dalam tata surya, ketersediaan air berwujud cair hanya dapat ditemukan di bumi. Sebagian besar permukaan bumi berupa lautan dan sisanya daratan yang tersusun dari dataran, gunung, lembah dan lain-lain.
  2. Bumi mempunyai lapisan udara yaitu atmosfer yang melindungi bumi dari matahari, sinar uvi dan radiasi dari luar angkasa. 
  3. Keberadaan Kutub Utara dan Kutub Selatan merupakan medan magnetik yang menjaga kesetabilan bumi.
  4. Temperatur bumi yang paling tepat untuk kehidupan, meskipun ada bagian di permukaan bumi yang mempunyai suhu terekstrem. Tetapi pada umumnya makhluk hidup ada dalam suhu normal
  5. Hutan yang dapat ditemui di muka bumi memungkinkan kehidupan tetap berlangsung. Proses fotosintesis pada tumbuhan menjamin kehidupan makhluk lainnya, seperti hewan dan manusia.
  6. Bumi memiliki satelit yang paling tepat posisinya, yaitu bulan. Dengan keberadaan bulan terjadi fenomena datangnya air pasang dan air surut sehingga menjaga air tetap bergerak dan tidak beku.
  7. Kecepatan rotasi bumi pada sumbunya merupakan kecepatan yang paling sesuai bagi makhluk hidup. Rotasi bumi terjadi dari barat ke timur.
  8. Adanya pergerakan revolusi bumi.
  9. Relief bumi banyak Tenaga endogen dan Tenaga Eksogen. Kedua tenaga ini bekerja saling mempengaruhi yaitu membangun (endogen) dan menghancurkan (eksogen).

PopCasH

Popular posts from this blog

Piramida Penduduk

MATERI POKOK BAHASAN KELAS X

Objek Studi Geografi