Globe

Globe pertama dibuat oleh Martin Behaim di Nuremberg, Jerman pada tahun 1492, merupakan perkiraan bentuk bumi yang paling mendekati keadaan sebenarnya dengan skala diperkecil. Globe tersebut dibuat dengan konsep Ptolemy sehingga benua Amerika belum tergambar. Adapun globe yang paling terkenal pada masa-masa itu ialah globe buatan Johannes Schoner, juga dari Nuremberg. Dua dari globenya yang bertahun 1515 dan 1520 menggambarkan selat Amerika Selatan, meskipun Magellan belum melakukan pelayaran dan pemetaan ke daerah itu.

Globe merupakan model tiruan Bumi dalam bentuk mini dibuat kembali pada tahun 1129-1140 M oleh ilmuan Muslim, Abu Abdullah Muhammad Ibnu Muhammad Ibnu Abdullah Ibnu Idris Al-Qurtubi Al Hasani. Beliau lebih dikenal dengan nama Al Idris yang lahir di Ceuta, Spanyol tahun 1099 M. Al Idris memperoleh pendidikan di Cordova. Globe yang dibuat Al Idris terbuat dari perak berbentuk bola dengan berat mencapai 400 kg. Globe tersebut dibuat dalam rangka memenuhi permintaan Raja Roger II dari Sicilia yang tertarik dengan kepandaian dan keilmuan Al Idris. Pada globe tersebut telah tergambar tujuh benua dilengkapi dengan jalur perdagangan danau dan sungai, kota-kota besar, dataran dan pegunungan. Selain itu, juga terdapat informasi tambahan seperti jarak, panjang dan tinggi secara benar.

Globe

Globe adalah bola dunia berukuran kecil dalam bentuk tiga dimensi dengan kemiringan 66 1/2 derajat pada garis ekliptika (bidang edar bumi)dan dengan kemiringan 23 1/2 dari matahari. Globe juga bisa disebut sebagai model tiruan bumi yang memberikan gambaran bentuk bumi sehingga mendekati bentuk sebenarnya. Kata “globe” berasal dari kata “globus” (bahasa Latin) yang berarti bola yang bulat. Sama halnya dengan peta, pada globe juga dicantumkan jari-jari garis lintang maupun garis bujur. Ekuator membagi bola bumi menjadi dua bagian utara dan selatan yang sama besar. Pemasangan globe seperti ini menunjukkan pula posisi (kedudukan) bumi yang sebenarnya.

Globe bisa disebut skala model tiga-dimensi bumi (terrestrial globe) atau benda angkasa lain bulat seperti planet, bintang, atau bulan. Ini juga merujuk kepada representasi bola dari lingkup surgawi, jelas menunjukkan posisi bintang-bintang dan gugusan bintang di langit (langit dunia). Globe adalah skala model tiga-dimensi bumi (terrestrial globe) atau benda angkasa lain bulat seperti planet, bintang, atau bulan. Ini juga merujuk kepada representasi bola dari lingkup surgawi, jelas menunjukkan posisi bintang-bintang dan gugusan bintang di langit (langit dunia). Kata “dunia” berasal dari Globus kata Latin, yang berarti massa bulat atau bola.

Globe ialah tiruan bola bumi dalam bentuk yang kecil. Globe berbentuk bola yang menggambarkan bola bumi dengan meletakkan peta bumi di atas permukaannya . Pada dasarnya Globe dibuat sebagai model yang cocok dengan bentuk bumi yang sebenarnya. Globe merupakan bentuk bumi dengan skala yang sangat kecil. Kedudukan Globe tidak tegak lurus tetapi miring 66½º terhadap bidang datar. Hal ini sesuai dengan kedudukan bumi yang miring 66½º terhadap lintasan orbitnya.

Comments

  1. tunggu sebentar, kalo globe pertama ada di akhir abad 14 trus globe yang dibuat oleh Al Idris di abad 11 itu apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gan.. Globe yg pertama yg diakui itu maksudnya globe yang telah mendekati kesempurnaan kemiripan bentuk bumi,

      Delete

Post a Comment

PopCasH

Popular posts from this blog

Piramida Penduduk

MATERI POKOK BAHASAN KELAS X

Objek Studi Geografi