Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia

Sebagai Negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi besar menjadi poros maritim dunia. Poros maritim merupakan sebuah gagasan strategis yang diwujudkan untuk menjamin konektivitas antar pulau, pengembangan industri perkapalan dan perikanan, perbaikan transportasi laut serta fokus terhadap keamanan maritim. (sumber : Kanal Hukum)

Poros Maritim adalah konsep keunggulan geografi strategis berbasis kekayaan bahari yang dimiliki Indonesia untuk dijadikan sebagai produk unggulan yang akan ditampilkan kepada Dunia (Presiden Joko Widodo)

Laksda TNI (Purn) Soleman B. Ponto mengemukakan : Poros Maritim jika diartikan menurut kamus Bahasa terdapat dua kata yaitu Poros dan Maritim. Poros merupakan sesuatu yang di tengah yang menggerakkan sesuatu dan Maritim merupakan hal hal yang berhubungan dengan penggunaan laut untuk kepentingan perdagangan, pengangkutan barang dan manusia dalam hubungan perekonomian. Jadi Poros maritim Dunia adalah Indonesia sebagai penggerak perdagangan perekonomian jalur laut di dunia.

Keadaan Wilayah Indonesia

Wilayah Indonesia berdasarkan letak Astronomis adalah 6o LU - 11o LS dan 95o BT - 141o BT. Terletak diantara Benua Asia dan Benua Australia serta Samudra Hindia dan Samudera Pasifik.
Indonesia merupakan negara terluas ke 7 di dunia (Rusia, Kanada, Amerika Serikat, Tiongkok, Brasil dan Australia) dengan total luas 5.193.250 km² (daratan dan Lautan).
Indonesia memiliki pantai terpanjang di Dunia setelah Kanada.


Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia

Peta Perkembangan Jalur Transportasi dan Perdagangan Internasional di Indonesia


Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia


Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia

Pemanfaatan Posisi Strategis Wilayah Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia
  • Memiliki peluang untuk meningkatkan keuntungan usaha perdagangan internasional karena dapat mengekspor hasil sumber daya alam tanpa hambatan transportasi dan komunikasi.
  • Memiliki peluang untuk memanfaatkan potensi sumber daya alam dengan mengembangkan dan menggunakan teknologi, sehingga memiliki nilai tambah bagi Indonesia
  • Dapat dijadikan tempat persinggahan pengiriman barang dengan demikian perlu menyiapkan infrastruktur perhubungan seperti pelabuhan dan bandara, serta kebijakan untuk kelancaran pemasaran
  • Dapat dijadikan sarana meningkatkan kerjasama dengan negara-negara di ASEAN untuk mengelola lalu lintas pelayaran, sehingga memberi keuntungan dalam pengembangan dan pembangunan kawasan.

Peta Jalur Transportasi Laut Dunia


Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia

Comments

PopCasH

Popular posts from this blog

Piramida Penduduk

MATERI POKOK BAHASAN KELAS X

Objek Studi Geografi